` Portal DPMPTSP Kota Tangerang Selatan
25 November 2017
Breaking News

15 Gerbong Anjlok dalam Kecelakaan di AS

Baltimore - Kecelakaan kereta barang di Maryland, Amerika Serikat memakan korban luka. Seorang sopir truk dilaporkan mengalami luka serius dalam insiden yang melibatkan 15 gerbong kereta ini.

Pejabat informasi pada dinas keselamatan publik Baltimore County, Louise Feher menuturkan, sebuah truk yang mengangkut sampah terbalik di dekat lokasi kecelakaan. Sang sopir yang mengalami luka parah berhasil dievakuasi ke rumah sakit.

Kini, sopir tersebut dilaporkan dalam kondisi stabil di rumah sakit setempat. Demikian seperti dilansir ABC News, Rabu (29/5/2013).

Kepolisian setempat menuturkan, truk yang dikemudikan korban tersebut biasa digunakan untuk mengangkut sampah atau limbah pabrik. Pada kecelakaan yang terjadi pada Selasa (28/5) waktu setempat, truk sampah ini bertabrakan dengan kereta barang milik CSX. 

Tabrakan ini berdampak pada anjloknya 15 gerbong kereta barang yang mengangkut bahan kimia tersebut. Dua orang staf yang ada di dalam kereta barang tidak mengalami luka apapun.

"Sempat ada ledakan dan terdapat asap," jelas Feher. 

Penyebab ledakan tersebut belum diketahui pasti. Namun Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Baltimore, John Hohman memastikan, ada 15 gerbong kereta barang yang anjlok atau keluar dari rel, di mana 2 gerbong di antaranya terbakar.

Secara terpisah, pihak CSX memberikan penjelasan bahwa 4 gerbong dari rangkaian kereta tersebut memang membawa bahan kimia yang disebut, terephthalic acid. Sebagai antisipasi, aparat setempat pun memberlakukan isolasi lokasi kejadian. Warga setempat diminta untuk menjauh sekitar 20 blok dari lokasi kejadian.

Ledakan ini berdampak pada beberapa bangunan yang ada di sekitar lokasi kejadian. Beberapa bangunan roboh, padahal kereta tidak menabrak bangunan tersebut. Saksi mata yang lain menyebut insiden tersebut seperti ledakan bom. "Bahkan ini lebih kuat daripada gempa bumi," kata seorang saksi mata.