` Portal DPMPTSP Kota Tangerang Selatan
25 November 2017
Breaking News

DPMPTSP : Perlunya Memiliki IMB

Izin mendirikan bangunan atau lebih dikenal dengan istilah IMB dimaksudkan untuk tertibnya penyelenggaraan bangunan dan menjamin keadaan teknis bangunan serta terwujudnya kepastian hukum dalam setiap pendirian bangunan sesuai ketentuan perundangan atau peraturan daerah di mana suatu bangunan baik itu gedung atau bukan gedung tersebut akan didirikan, tidak terkecuali setiap bangunan yang akan didirikan di kotaTangerang Selatan (Tangsel).

Sesuai ketentuan Peraturan Daerah (Perda) kotaTangsel Nomor: 14 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan dan Retribusi Izin Mendirikan Bangunan, maka setiap orang pribadi atau badan yang akanmen dirikan atau merubah bangunan harus terlebih dahulu mendapat IMB dari Pemerintah Daerah.

Dan, untuk mendapatkan IMB tersebut setiap orang pribadi atau badan terlibih dahulu mengajukan permohonan IMB kepada Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dengan mengisi forumulir yang telah disediakan serta melampirkan syarat-syarat yang telah ditentukan, dan harusdibubuhi materai secukupnya.

Setelah semua persyaratan administrasi dan teknis permohonan IMB tersebut diperiksa dan dinyatakan lengkap, barulah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dahulu BP2T ( Badan Pelayanan Perizinan Terpadu) Kota Tangerang Selatan dapat mengeluarkan IMB sebagaimana dimaksud.

Perlunya Memiliki IMB

Satu hal yang perlu difahami dengan memiliki IMB adalah, masyarakat akan terbebas dari kekhawatiran jika pada suatu saat nanti ada perubahan tata kota, atau pengembangan yang dilakukan oleh pemerintah setempat. Misalnya berapa meter jarak pendirian bangunan yang diperbolehkan dari jalan utama, dan lain-lain.

Jika tidak mengurus IMB terlebih dahulu sebelum mendirikan bangunan, dikhawatirkan akan terjadi beberapa hal yang tidak diinginkan. Misalnya, ada anggota masyarakat yang mendirikan bangunan namun tidak mengurus IMB terlebih dahulu, maka saat pembangunan sudah berjalan separuh, rumahnya malah terkena pelebaran jalan hingga memotong area bangunan yang sedang didirikan. Tentu saja ini sangat merugikan, karena secara terpaksa ia harus mengeluarkan biaya pembanguan berlipat ganda. Disinilah letak seberapa pentingnya harus memiliki IMB sebelum mendirikan bangunan baik itugedung atau bukan gedung.

Masa Berlaku IMB

Sesuai Perda Kota  Tangerang Selatan (Tangsel) Nomor 14 Tahun 2011, Pasal 10 menyebukan bahwa Izin Mendirikan Bangunan (IMB) berlaku selama bangunan tersebut berdiri dan selama tidak ada perubahan bentuk dan fungsi bangunan.

IMB dinyatakan tidak berlaku apabila selama jangka waktu satutahun sejak diterbitkan IMB tidak dilaksanakan pembangunan, dan pemohon dapat mengajukan perpanjangan IMB selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari sebelum jangka waktu tersebut berakhir.

Apabila selama jangka waktu perpanjangan IMB sebagaimana dimaksud belum ada kegiatan pembangunan, maka harus mengajukan permohonan baru. (Admin)