` Portal DPMPTSP Kota Tangerang Selatan
21 Oktober 2017
Breaking News

Peduli Dunia Anak, Bunda PAUD Tingkat Kecamatan

SETU, WEB TANGSEL-Pemerintah Kota Tangerang Selatan terus berkomitmen memperhatikan proses tumbuh-kembang anak-anak. Ini terlihat dari keceriaan ribuan anak-anak dari ratusan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Tangerang Selatan tumpah-ruah memenuhi area lapangan di kawasan Puspiptek.
Walikota Airin Rachmi Diany mengatakan, pengukuhan ini tentunya akan ditindaklanjuti sampai ke tingkat kelurahan. Melalui program ini pemerintah daerah ingin memastikan bahwa kalangan anak-anak bisa berada dilingkungan yang sesuai dengan keinginannya. Mereka bisa mendapatkan haknya menerima kenyamanan untuk proses tumbuh-kembang.

“Jadi dipastikan bahwa anak-anak kita harus mempunyai atau mendapatkan haknya,” kata Walikota Airin usai acara Pengukuhan Bunda PAUD Tingkat Kecamatan di Lapangan GOR Puspiptek, Kecamatan Setu, Selasa 16 September 2014.
Ia bersyukur perkembangan PAUD di Kota Tangerang Selatan telah berjalan luar biasa. Pemerintah daerah berharap terus bisa mendorong dan menfasilitasi kebutuhan pada hak yang telah menjadi kebutuhan anak-anak. Termasuk menyediakan sarana prasarana seperti taman bermain, taman bacaan dan lain sebagainya.
Kemudian untuk tenaga pendidik di PAUD, Pemerintah Kota Tangerang Selatan telah memberikan insentif. Selain itu juga pelatihan bagi guru PAUD untuk mampu menjadi tenaga pendidik yang baik. Sehingga mampu membentuk karakter anak-anak yang sesuai dengan harapan orangtua.

“Insentif untuk guru PAUD memang tidak besar nilainya. Tapi lebih cenderung kepada motivasi, motivasi untuk mereka terus bekerja, berkarya dan memberikan kasih sayang untuk anak-anak,” terang Walikota Airin.
Sebelumnya di tempat sama, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan Mathodah S, menjelaskan, kegiatan ini masih dalam rangkaian peringatan Hari Anak Nasional ke-XXVI. Sebelumnya di Sekolah Cikal Harapan BSD, Kecamatan Serpong, telah dinobatkan dan dikukuhkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Bahwa Ibu Airin telah dinobatkan dan dikukuhkan sebagai sebagai Bunda PAUD Kota Tangerang Selatan. Untuk itu pada kesempatan ini Ibu Walikota akan mengukuhkan Bunda PAUD tingkat kecamatan. Saya berterima kasih kepada Ibu Camat (Mursinah) dan istri-istri camat yang bersedia untuk menjadi Bunda PAUD,” terang Mathodah.
Ditambahkannya, pada Desember mendatang pihaknya telah mengagendakan kegiatan safari Bunda PAUD. Melalui program kegiatan ini akan dinobatkan dan dikukuhkan Bunda PAUD dari 54 kelurahan dan tujuh kecamatan di Kota Tangerang Selatan. Mathodah berharap, melalui program ini kepedulian masyarakat terhadap anak-anak sebagai generasi penerus bangsa bisa menjadi lebih perhatian.

“Berkat keseriusan dari teman-teman PAUD di Tangerang Selatan, kemarin baru saja diselenggarakan kegiatan Karnaval PAUD Tingkat Provinsi Banten. Dan Alhamdulillah juara umumnya dari Kota Tangerang Selatan. Semoga dari 628 lembaga PAUD formal dan non-formal menjadi lebih bermotovasi,” tambah Mathodah.(sumber web kota tangsel)