` Portal DPMPTSP Kota Tangerang Selatan
24 Juli 2019
Breaking News

Layanan Online Perijinan Tangsel

BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan – Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) meluncurkan produk Sistem Perizinan Online (SIMPONIE), yang bertujuan mempermudah masyarakat menjangakau dan mengurus perizinan di Tangerang Selatan.

Plt Kepala DPMPTSP Bambang Nurtjahjo saat Launching perizinan online, di Balai Kota  Senin 12 Juni 2017 mengatakan, “Dengan dibentuknya sistem perizinan berbasis online, paling tidak bisa memberikan transparansi kepada masyarakat dalam mengurus perijinan.”

“Dengan hadirnya perizinan online semoga dapat mempermudah kepengurusan perizinan di Tangsel. Saat ini sudah ada 17 jenis perizinan, sebelumnya pada April 2015 lalu telah diluncurkan dua perizinan online untuk SIUP dan TDP,” ujarnya.

Menurut Bambang, inovasi layanan perizinan online yang dikembangkan di Kota Tangerang Seiatan ini telah memperoleh ISO 27001, tentang sistem layanan perizinan online yang pertama di Indonesia.

“Dengan begitu, legalitas paraf dan tandatangan secara online yang diterapkan pada SIMPONIE telah dinyatakan sah secara aturan. Sistem ini juga dilengkapi sertifikat digital, atau dikenal dengan sebutan Certification Authority (CA),” imbuhnya.

Untuk mendapatkan perizinan, cukup dengan membuka website http://www.dpmptsp.tangerangselatankota.go.id atau http://www.simponie.tangerangselatankota.go.id,maka jenis perizinan yang hendak diinginkan sudah dapat diakses dimana saja.

Ke 17 layanan perizinan secara online yaitu, Izin Lokasi, Izin Gangguan, Izin Usaha Perdagangan (IUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Izin Usaha Industri (IUI), Izin Usaha Pengelola Pasar Tradisional (IUPPT), Izin Usaha Pusat Perbelanjaan (IUPP), Izin Usaha Toko Modern (IUTM), Izin Penyelenggaraan Reklame, Izin Usaha Jasa Kontruksi (IUJK), Tanda Daftar Usaha Orang Perseorangan (TDUP) Jasa Kontruksi, Izin Lembaga Kursus dan Pelatihan, Izin Lembaga Penempatan Tenaga Kerja Swasta (LPTKS), Izin Penampungan dan Pelatihan Bursa Tenaga Kerja Luar Negeri, Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP), Tanda Daftar Gangguan (TDGP), dan Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW).

Dasar atau rujukan penyelenggaraan perizinan tersebut, mengacu pada keputusan Walikota Tangerang Selatan No.503/Kep.180-Huk/2017 tentang pendelegasian Kewenangan Penyelengaraan Perizinan dan Nonperizinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Sementara itu, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany berpendapat, dengan adanya ada sistem online yang saat ini ada kedepannya akan ada penambahan sisitem online lainnya guna mempermudah masyarakat di Tangsel untuk melakukan akses perizinan yang diperlukan.

“Dengan sistem perizinan online dan pendelegasian kewenangan penyelenggaraan perizinan dan non perizinan, masyarakat tidak perlu repot bolak balik ke Dinas terkait untuk melengkapi persyaratan yang dimohonkan. Hal ini tentunya mampu mempermudah jarak birokrasi yang ada di Tangsel,” katanya.

sumber