` Portal DPMPTSP Kota Tangerang Selatan
25 Agustus 2019
Breaking News

Ratusan Guru di Serpong Pererat Silaturahmi

WEB TANGSEL - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Silaturahmi pada 20 Juli 2019 di Amphy Teater Taman Kota 2, Serpong, Tangsel.

Kegiatan yang bertema mempererat silaturahim dengan ilmu dan budaya organisasi demi mewujudkan pendidikan yang berkualitas serta solidaritas guru yang tinggi ini diikuti oleh 275 guru dari TK, SD, SMP dan SMA yang berada di wilayah Kecamatan Serpong.

Menurut Kepala Ketua Pelaksana Kegiatan, Budi Mulia, organisasi profesi PGRI yang sehat dapat dicapai apabila terjadi singkronisasi dalam komunikasi yang mengutamakan kepentingan guru serta membekali guru dengan empat kompetensi yang dimiliki.

"Yakni diantaranya kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Hal ini sejalan dengan undang-undang guru dan dosen nomor 20 tahun 2005," jelasnya.

Berkaitan dengan pendidikan karakter tentunya bukan barang baru di era 4.0.
Tantangan rev. Industri 4.0 rentan sekali dengan teknologi canggih seperti smartphone. Bukan berarti smatphone itu mengganggu, tetapi lebih kepada pembatasan dalam menggunakannya.

"Smartphone harus diimbangi dengan smart user. Dengan demikian penguatan karakter bukan hanya dengan ceramah namun perlu dibuktikan dengan keteladan dari orangtua dan guru sebagai cermin dalam aplikasi kehidupan sehari-hari," terangnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel Taryono, mengatakan bahwa guru adalah unsur sangat penting dalam dunia pendidikan yang harus terus diperjuangkan dan ditingkatkan profesionalisme, martabat, dan kesejahteraan ya.

"Sesuai Undang Undang guru dan dan dosen ada 4 kompetensi guru yaitu paaedagogik, profesionalisme, sosial, dan kepribadian. Guru itu pilihan profesi yang mulia, guru menjadi kunci masa depan bangsa. Oleh karena itu menghormati guru sama halnya menghormati masa depan bangsa," terangnya.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie menerangkan tentang kinerja Kota Tangerang Selatan telah mencapai tahapan persiapan pemberdayaan Sumber Daya Manusia.

"Langkah strategis untuk membangun kota Tangsel diperlukan sumber daya manusia yang mumpuni. Aspek SDM yang ditunjukkan dengan masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu memainkan peran dan fungsi sebagai subjek dan objek dalam pembangunan yang berkelanjutan," jelasnya. (HUMAS-KOMINFO)

SUMBER